Press "Enter" to skip to content

Perbedaan Tugas Accounting dan Finance

Perbedaan Tugas Accounting dan Finance – Masih banyak yang mengira bahwa accounting dan finance adalah sebuah jabatan yang sama karena tugasnya masih tentang keuangan. Memang kebanyakan accounting dan finance adalah jebolan dari jurusan keuangan. Dan mereka berhubungan dengan keuangan perusahaan.

Namun kenyataannya akan dibahas disini dengan jelas, agar anda tidak keliru tentang tugas dari keduanya. Accounting dan finance bukanlah pekerjaan yang sama. Jika anda berfikir tugas mereka sama karena bidang keuangan, anda salah besar. Dalam bidang keuangan banyak profesi yang sudah dibagi-bagi porsinya.

Perbedaan Tugas Accounting dan Finance

Setiap perusahaan sudah sangat tahu posisi-posisi karyawan untuk bisnis yang mereka jalankan. Walaupun kata keuangan adalah lingkup kecil, tugas akan dibagi-bagi sesuai dengan keperluan. Karena keuangan sangatlah sensitif, tidak bisa satu orang mengerjakan seluruh pekerjaan dalam urusan keuangan.

Kembali ke topik pembicaraan tentang tugas accounting dan finance. Dibawah ini akan dijelaskan lebih rinci tentang perbedaan keduanya.

Accounting

Accounting memang bertugas untuk mengatur keuangan perusahaan. Tetapi bagian accounting tidak langsung berhubungan langsung dengan uang tersebut. Yang dimaksud tidak berhubungan langsung adalah accounting tidak memegang uang fisik tersebut. Hanya saja mereka memiliki tugas penting untuk mengelola keuangan berdasarkan pencatatan transaksi.

Contohnya adalah penjualan pasti memiliki transaksi keluar masuk terus menerus, dan tugas dari accounting adalah melakukan pengecekan bahwa transaksi dicatat dengan benar tanpa ada yang tertinggal. Dan juga accountinglah yang bertugas untuk membuat laporan keuangan.

Selain itu, accounting juga bertugas untuk perhitungan pajak perusahaan. Mungkin di beberapa kantor tugas ini hanya diberikan kebeberapa orang yang dipercaya bertugas pada bagian pajak. Karena setiap perusahaan akan membagi tugas kepada masing-masing karyawan agar pekerjaan cepat selesai.

Finance

Berbeda dengan accounting, jika pengelolaan keuangan accounting tidak bersentuhan langsung dengan uang, bagian finance inilah yang langsung berhubungan dengan uang. Finance bertugas mengelola keuangan perusahaan secara langsung, contohnya bisa dengan melakukan pembayaran.

Finance bertanggung jawab penuh akan seluruh keuangan perusahaan mulai dari kas, bank, deposit, atau bisa juga investasi. Penerimaan dan pengeluaran uang bisa menjadi tugas finance.

Finance juga sangat di perlukan dalam bidang perjudian online karena bisa mengatur keluar masuknya uang deposit dari member yang bermain di Agen Sbobet untuk mencari keuntungan dari bermain judi online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *