Press "Enter" to skip to content

Fungsi Penting Manajemen Keuangan

Fungsi Penting Manajemen Keuangan – Uang adalah sebuah hal yang paling sangat sensitif. Segalanya yang bekerja diatas tanah dan dibawah langit seluruhnya hampir bersangkutan dengan uang. Segala pekerjaan semua bertujuan untuk menghasilkan dan mengeluarkan uang.

Fungsi Penting Manajemen Keuangan

Apapun yang berhubungan dengan uang entah untuk pribadi atau perusahaan harus ada yang namanya pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan sangat penting untuk mengatur agar keuangan tetap seimbang. Karena jika tidak di manajemenkan, perusahaan akan mudah bangkrut.

Manajemen keuangan memiliki fungsi yang harus anda ketahui, yaitu:

Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan biasa dilakukan untuk sebuah awal dari bisnis. Fungsi perencaan sangat penting untuk kelancaran jalannya perusahaan dan berkembangnya perusahaan. Setiap langkah yang dilakukan oleh perusahaan harus dipikirkan dengan matang dan segala pengeluaran sudah harus diperkirakan agar selama proses pengembangan perusahaan, pemimpin tidak merasa merugi atau kaget dengan apa yang sudah seharusnya diketahui lebih awal.

Perencanaan keuangan sudah meliputi segalanya tentang keuangan perusahaan. Mulai dari laba rugi, kas, pendapatan, dan pengeluaran. Jika sudah memperkirakan lebih awal, anda akan lebih matang dan pengeluaran lebih terkontrol.

Anggaran

Menyesuaikan anggaran juga penting untuk perusahaan. Manajemen keuangan yang mengatur anggaran akan menjadikan anggaran perusahaan lebih efektik. Penerimaan pendapatan lebih dimaksimalkan dan pengeluaran juga lebih tercatat rapi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan.

Dalam hal ini harus dapat diatur anggaran untuk kebutuhan sehari – hari, dana tidak terduga, hal lainnya yang menjadi pengeluaran anda dan semua
harus dihitung dari awal.

Pengendalian Keuangan

Perencanaan keuangan adalah awal atau prediksi saat memulai bisnis. Sedangkan pengendalian keuangan adalah fungsi manajemen saat berjalannya perusahaan. Namanya sebuah perusahaan pasti akan ada kondisi yang tidak bisa diprediksi, akan ada perubahan internal maupun eksternal perusahaan, dan fungsi manajemen adalah mengendalikan masalah keuangan tersebut agar perusahaan tidak berdampak buruk di kemudian harinya.

Pemeriksaan

Manajemen keuangan juga berfungsi untuk mengecek segala hal tentang keuangan perusahaan, Banyaknya divisi perusahaan mungkin akan selalu ada sebuah cela kesalahan yang akan berdampak buruk untuk perusahaan. Manajemen bertugas penting untuk memeriksa keuangan perusahaan dari segala divisi untuk perkembangan perusahaan.

Keputusan

Sebenarnya tidak semua manajemen keuangan bisa mengambil keputusan sepihak tanpa persetujuan pemimpin. Namun biasanya manajemen keuangan akan memberikan saran yang berdampak positif dan sangat membantu para pemimpin untuk menjalankan bisnis agar lebih berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *